Kamis, 31 Mei 2018

4 Inspirasi Usaha dengan Modal Pinjaman yang Cocok untuk Mahasiswa

Fokus - Siapa bilang bisnis dadakan di Bulan Ramadhan hanya bisa digeluti oleh ibu rumah tangga atau karyawan kantoran? Mahasiswa juga bisa mencobanya dengan modal beasiswa maupun pinjaman bank. Seperti apa usaha yang cocok untuk mahasiswa tersebut? Berikut 4 di antara banyaknya inspirasi usaha yang bisa dijadikan bahan referensi. 




1. Jualan Suvenir
Sektor usaha dan bisnis pertama yang cocok untuk digeluti mahasiswa menjelang Lebaran yaitu suvenir. Keluarga di kampung halaman tentu merasa sangat senang meski pemudik hanya syal atau suvenir sederhana seperti gantungan kunci khas kota tempatnya merantau. Anda bisa mencoba menjadikan indekos sebagai salah satu lokasi pemasaran.

Objek atau target market Anda di indekos ini sangat beragam. Hal ini dikarenakan, biasanya bukan hanya mahasiswa yang tinggal di indekos, tapi ada juga karyawan toko atau kantor sampai dosen tamu. Mereka semua termasuk orang sibuk yang tidak sempat untuk membeli atau mengepak hadiah Lebarannya sendiri.

2. Parsel Camilan
Mahasiswa juga bisa mencoba mengajukan pinjaman untuk membuka usaha parsel Lebaran. Isi parsel bisa disesuaikan dengan target market. Jika sesama mahasiswa, sebaiknya berisi camilan kering harga murah atau paket hemat. Intinya, isi parsel tersebut sebaiknya camilan yang sedang digandrungi mahasiswa dan harganya sesuai dengan kondisi kantong mereka.

Sedangkan untuk ibu rumah tangga, karyawan kantoran, atau dosen, isi paketnya bisa berupa buah segar atau kue kering khas Lebaran. Misalnya paket buah yang isinya ½ kg apel, 1 kg jeruk, ½ kg alpukat, dan lainnya sesuai request. Sedangkan kue kering bisa berupa wafer, nastar, kastengel, putri salju, chiki, serta tidak lupa dengan sebotol sirupnya.

3. Download Lagu Islami
Usaha dadakan di Bulan Ramadhan ini bukan hanya cocok untuk mahasiswa yang melek IT dan bahasa pemrograman. Untuk mahasiswa yang hanya bisa unduh dan upload pun sangat mudah untuk menjalankannya. Sektor usaha ini juga tidak butuh modal besar, cukup komputer atau laptop yang pastinya sudah dimiliki oleh mahasiswa dan koneksi internet.

Anda hanya perlu share lagu-lagu Islami melalui blog, tapi Anda harus memasang alamat URL rekanan bisnis untuk memperoleh lagu ini secara gratis. Opsi lainnya adalah dengan memasang materi download pada domain berbayar sehingga ada penghasilan dalam bentuk dollar untuk setiap lagu yang diunduh oleh pengunjung blognya.

4. Penulis Konten Agamis
Zaman sekarang siapa yang tidak kenal Google Adsense? Fitur semacam ini juga sudah banyak dipakai pengusaha atau pebisnis untuk mengiklankan produknya secara online di media sosial, contohnya Facebook. 

Penghasilan Adsense bisa ditingkatkan menjelang Lebaran jika konten blog yang berisi produk melalui Adwords dan dikaitkan dengan artikel bernafaskan dakwah Islam yang agamis. Iklan-iklan promosi ini tentu harus berhubungan dengan kondisi Ramadhan dan jelang Lebaran.

Keempat usaha dadakan yang bisa dijadikan inspirasi bagi mahasiswa tersebut memang tidak butuh modal besar, bahkan ada yang tidak butuh modal sama sekali. Salah satunya adalah parsel karena pemesan bisa bayar di awal. Tapi, untuk usaha suvenir atau penulis yang butuh laptop baru, Anda bisa mengajukan pinjaman termudah di tunaiku.com.


EmoticonEmoticon