Minggu, 16 September 2018

Mau Pinjam Uang Online dengan Bunga Flat? Simak Plus & Minusnya

Fokus - Pada pinjaman online terpercaya, terdapat ragam beban bunga yang ditawarkan. Mulai dari bunga tetap, bunga efektif, dan bunga lainnya. Kali ini khusus membahas tentang bunga flat atau bunga tetap. Salah satu yang menerapkan beban bunga ini adalah Tunaiku dari Amar Bank. Untuk mengetahui plus-minus bunga flat, silakan simak hal-hal berikut ini.


Apa Itu Bunga Flat atau Bunga Tetap?

Secara hitung-hitungan, jenis bunga ini merujuk pada perhitungan suku bunga yang sama untuk periode cicilan angsuran. Keadaan tersebut akan terus berlanjut hinga lunas. Penetapan bunga flat merupakan kebijakan langsung dari bank yang memberi pinjaman. Bukan dari BI maupun intervensi dari pihak ketiga.

Bunga Flat Memudahkan Nasabah dalam Mengelola Keuangan

Berhubung nilainya tetap, maka proses pengelolaan keuangan pribadi lebih mudah. Katakanlah Anda memiliki penghasilan bulanan 3 juta Rupiah per bulan. Kemudian mengambil pinjaman senilai 10 juta Rupiah. Sedangkan bunga bank-nya 3%. Untuk tenor yang Anda pilih katakanlah memiliki durasi 1 tahun atau 12 bulan saja.

Maka, kalau disimulasikan, nilai bunga per bulan menjadi 0,25% per bulan dengan nilai 25.000 Rupiah. Sedangkan angsuran pokok per bulannya 833.000. Kalau ditotal menjadi 858.333 ribu Rupiah. Nilai tersebut sama tiap bulannya. Jadi Anda bisa menyisihkan uang tersebut begitu gaji turun. Lebih mudah, kan?

Memudahkan Anda dalam Top-Up Pinjaman

Berdasarkan terminologinya, top-up pinjaman merupakan penambahan pinjaman sebelum pinjaman pokok lunas. Walaupun angsuran pokoknya bertambah, tetapi nilai bunganya tetap. Inilah keuntungan dari pinjaman online terpercaya yang menggunakan bunga tetap. Nilainya sangat strategis dibandingkan jenis suku bunga lainnya.

Perhitungan Lunas atau Tidaknya Berdasarkan Angsuran Pokok

Keunggulan bunga tetap ini juga akan Anda rasakan ketika memiliki keinginan untuk melunasi sebelum periode pinjaman berakhir. Meskipun masih menyisakan beberapa bulan lagi, Anda dibolehkan untuk melunasinya saat itu juga. Kabar baiknya, dalam pelunasan, pihak bank sama sekali tidak melibatkan besaran sisa bunganya.

Sejumlah uang yang digunakan untuk melunasinya mutlak dari angsuran pokok. Bayangkan jika Anda memiliki tenor 3 tahun, tetapi ingin melunasinya dalam 1 tahun sebelum periodenya selesai. Beban bunga yang 2 tahun itu akan hilang. Siapa tahu saat itu keadaan ekonomi Anda tengah bagus-bagusnya.

Bunga Flat sangat Bagus untuk Pinjaman Jangka Pendek

Jika bunga efektif sangat bagus untuk pinjaman jangka panjang, maka yang ini sebaliknya. Mungkin kesan sementara agak mahal karena nilainya tetap sepanjang tahun. Tapi kalau tenor pinjaman online terpercaya yang Anda kehendaki lebih panjang, kemungkinan besar bisa menghambat arus ekonomi ketika suatu hari bermasalah. Jadi, pertimbangkan hal ini.

Pahami Kalau Nilai Bunga Flat Lebih Tinggi daripada Bunga Lain

Di antara sejumlah plus untuk bunga tetap, tentu ada sisi minusnya. Jika ingin tahu lebih lanjut, coba bandingkan bank berbunga tetap dengan bank yang memiliki suku bunga efektif. Untuk yang pakai bunga efektif sangat tergantung dengan iklim yang ada di Bank Sentral atau BI. Kalau keadaan ekonomi Indonesia baik, maka suku bunga turun.

Tapi kalau kemudian iklimnya buruk, suku bunganya naik. Sedangkan untuk pinjaman dengan suku bunga tetap tidak terpengaruh dengan hal itu. Akhirnya, mau tidak mau Anda wajib mempertimbangkan alternatif untuk mengambil tenor yang lebih pendek. Tentu saja dengan syarat pemasukan rutin tiap bulan dengan jumlah tertentu.

Itulah plus-minusnya suku bunga tetap dalam pinjaman online terpercaya. Walaupun kesannya lebih tinggi daripada bunga lain, toh banyak orang yang lebih memilih suku bunga ini. Soalnya memiliki tingkat kepastian yang tinggi. Sama halnya dengan yang dialami oleh
Tunaiku. Kalau pakai suku bunga lain, mungkin nasabahnya tidak sebanyak sekarang.


EmoticonEmoticon