Rabu, 28 November 2018

Bagaimana Cara Menjadi Operator Alat Berat?



Saat akan melakukan sewa alat berat, harus tahu bagaimana cara mengoperasionalkannya dengan baik dan benar. Hal itu dikarenakan mengoperasionalkan alat berat berbeda dengan kendaraan atau alat biasa karena salah dalam pengoperasian tidak hanya mencelakai diri sendiri namun juga bisa mencelakai orang lain. Salah satu alat berat yang dibutuhkan keahlian khusus dalam mengoperasikannya adalah forklift. Forklift ini menjadi salah satu alat bantu dan alat berat yang harus ada di gudang atau grosiran besar. Alat ini mampu digunakan untuk mengangkat beban yang berat dimana tenaga manusia tidak mampu mengangkatnya. Tidak hanya itu saja, dengan forklift ini kegiatan operasional menjadi lebih mudah dan lancar.

Mengoperasikan Alat Berat Forklift

Bagi Anda yang ingin menjadi operator forklift atau alat berat lainnya ada beberapa cara yang penting untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

1.        Mental
Dibandingkan dengan alat berat lainnya forklift ini memiliki lingkup kerja yang lebih sempit dibandingkan dengan bulldozer dan lain sebagainya. Meski begitu mengoperasionalkan forklift ini dibutuhkan mental yang kuat terlebih lagi jika digunakan dalam lingkungan kerja yang banyak digunakan untuk hilir mudik orang. Dengan mental yang bagus Anda akan bisa mengoperasikan forklift dengan mudah dan lancar.

2.        Jaga Performa Fisik dengan Baik
Tidak semua orang bisa menjadi operator alat berat. Hal itu dikarenakan dibutuhkan performa fisik yang baik.  Orang dengan performa fisik yang tidak baik tidak boleh mengoperasionalkannya karena dikhawatirkan di saat fisiknya ngedrop akan menjadikan dirinya mengalami kecelakaan kerja yang tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga membahayakan orang lain. Untuk bisa menjaga performa fisik ini bisa dengan memakan makanan yang sehat dan teratur. Dan yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga pola tidur. Untuk operator alat berat tidak boleh bergadang karena mengantuk menjadi hal fatal yang harus dihindari. Selain itu hindari alkohol saat bekerja karena saat mabuk seseorang menjadi lepas kendali.

3.        Menjaga Keamanan Diri
Saat sewa forklift penyedia jasa sewa akan mengingatkan untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan diri atau safety. Tujuannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Keselamatan kerja operator berat bisa dengan menggunakan pelindung kepala, hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecelakaan kerja yang tidak diinginkan. Kepala merupakan organ vital pada manusia dimana jika sesuatu terjadi di kepala akan menyebabkan beberapa gangguan sensorik maupun motorik.

4.        Pengecekan Mesin
Untuk menjamin keselamatan kerja penting untuk mengecek mesin forklift sebelum digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah mesin tersebut dalam kondisi prima atau tidak. Menggunakan mesin yang rusak hanya akan membahayakan Anda sebagai operator dan juga orang yang ada di lingkungan kerja.

Setiap alat berat memiliki teknik pengoperasian masing-masing, sehingga pastikan sebelum menjadi operator Anda menguasai teknik tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada penyedia jasa sewa forklift bagaimana teknik pengoperasian mesin forklift yang baik dan benar. Baca juga kegunaan alat berat disini.


EmoticonEmoticon