Rabu, 21 November 2018

Traveling ke Yogyakarta? Jangan Lupa Mampir Keraton Yogyakarta Untuk Melihat 8 Hal Menarik Ini


Kota Yogyakarta yang juga dikenal sebagai Kota Pelajar memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Keraton Yogyakarta. Ya, kota ini tidak hanya menyuguhkan wisata yang mampu memanjakan mata saja, namun Yogyakarta juga mempunyai tempat-tempat yang bernilai edukasi budaya dan sejarah. Jadi merupakan keputusan yang tepat jika kamu memutuskan untuk traveling ke Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini adalah peninggalan budaya dan hingga kini masih ditinggali oleh keturunan raja-raja Yogyakarta. Untuk bisa menyaksikan langsung pesona dari keraton ini kamu hanya membutuhkan budget Rp. 10 ribu. 


Kamu bisa berkunjung ke keraton di hari Senin-Kamis atau Sabtu-Minggu. Jam bukanya adalah pukul 08.00-14.00 WIB. Namun jika kamu hanya memiliki waktu di hari Jum’at, kamu bisa ke sana pada jam 08.00-12.00 WIB. 

Kira-kira hal menarik apa saja yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Keraton Yogyakarta? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan ulasan lengkapnya.

          1. Abdi dalem

Ketika memasuki area Keraton, kamu akan melihat ada banyak orang berpakaian tradisional. Mereka bukanlah pengunjung melainkan abdi dalem (orang yang sengaja mengabdikan diri untuk keraton). Menariknya, dari keraton tidak pernah membuka lowongan untuk posisi abdi dalem, melainkan ini murni keinginan dari mereka. 

2. Penampilan sinden

Selain akan bertemu dengan para abdi dalem, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan gamelan yang kental dengan nuansa Jawa.  Pertunjukan ini digelar setiap hari Senin dan Selasa, pukul 10.00-12.00 WIB. Pastikan kamu menyempatkan melihat penampilan dari para sinden senior ini ya.

3. Identik dengan arsitektur Jawa

Dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya, Keraton Yogyakarta memang didominasi dengan bangunan-bangunan yang mengusung arsitektur khas Jawa. Kendati demikian, di sana kamu juga akan mendapati beberapa titik sudut bangunan dengan arsitektur Belanda, Portugis maupun Arab.

4. Pemandian Taman Sari

Traveling ke Yogyakarta tidak akan lengkap rasanya jika kamu tidak menyempatkan mampir di pemandian yang terletak di area Taman Sari. Uniknya, di sana kamu juga dapat melihat gedung-gedung yang dimanfaatkan sebagai surau lengkap dengan jalan-jalan rahasia. 

5. Ragam bangunan

Area Keraton Yogyakarta sangatlah luas sehingga di sana kamu tidak akan bosan berjalan-jalan. Ya, ada banyak sekali bangunan yang ada di area Keraton. Selain belajar mengenal sejarah dan budaya, kamu juga dapat melihat bangunan-bangunan yang didesain dengan unik.

6. Dibangun mengikuti arah mata angin

Hal lain yang menjadikan bangunan ini unik adalah gedung dibangun dengan mengikuti arah mata angin. Terutama kompleks gedung yang terletak di bagian utara, yang mana arahnya pun juga ke utara. Ini juga berlaku untuk kompleks gedung bagian selatan, di mana bangunan menghadap ke arah selatan. 

7. Keraton Yogyakarta sebagai salah satu warisan dunia

Keraton Yogyakarta mempunyai banyak barang-barang peninggalan pusaka. Mulai dari keris, tombak dan koleksi para raja serta bangsawan. Inilah yang kemudian membuat keraton ini didaulat sebagai salah satu warisan dunia. Hal ini sudah diakui oleh UNESCO.

8. Soko Guru di setiap bangunan

Bangunan keraton identik dengan tiang-tiang sebagai penyangganya. Namun ada yang membuat bangunan keraton menjadi berbeda dibandingan bangunan lainnya. Di bagian tengah bangunan ada tiang penyangga yang disebut dengan Soko Guru. Setiap tiangnya dicat dengan warna hitam dan hijau gelap. 

Demikianlah 8 hal menarik yang dapat kamu temukan ketika berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu pastikan kamu memasukan Keraton Yogyakarta sebagai destinasi wajib ketika traveling ke Yogyakarta ya.


EmoticonEmoticon