Minggu, 16 Desember 2018

2019 Indonesia Butuh Pemimpin yang Tegas, Jujur, dan Adil


prabowo sandi

Dengan adanya pemimpin yang jujur, cerdas, bersi, adil, dan tegas indonesia pasti akan berjaya kembali Ada banyak alasan bagi pemilih memberikan suaranya kepada para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2019 mendatang. Menurut banyak alasan dan survei dari beberapa pihak pasangan Prabowo Sandi ini yang dianggap tegas, jujur, adil oleh masyarakat.

Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, kata Rudi, dua orang sebagai pasangan yang tepat dan berani dalam kepemimpinan. "Sebanyak 19,3 persen responden menilai Prabowo-Sandi bersikap tegas," imbuh Rudi. Pertimbangan lain responden dengan nomor pas urut 02 itu karena memiliki latar belakang pengusaha (15,8 persen), berani (14,2 persen), antiasing (11,8 persen), cinta NKRI (9,7 persen), dan sempurna ulama dan Islam islami (9,2 persen). Prabowo unggul dalam karakter paling tegas dan berwibawa yaitu 37,9 persen tipis di atas Jokowi 35,6 persen. Selain itu seorang pemimpin harus punya bekal sifat kepemimpiman atau Leadership yang harus melekat pada diri seorang pemimpin. 

Apa saja sifat kepemimpinan itu? Ada 7 sifat yang harus melekat pada jiwa seseorang yang ingin menjadi pemimpin.

1. Pemimpin yang Cerdas

Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah kelompok. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

2. Pemimpin yang Berinisiatif

Tidak hanya cerdas, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Inisiatifme diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan. Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.

3. Pemimpin yang Bertanggung jawab

Bertanggung jawab berarti berani untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Selain cerdas dan berinisatif, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu kelompok tentunya diputuskan dengan tidak tergesa-gesa. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berfikir taktis untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil.

4. Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Karakter yang satu ini tentunya timbul dari seberapa berhasilnya seorang pemimpin dalam menggerakkan anggotanya dan bijak dalam mengambil keputusan. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang tanpa perlu berfikir ulang, anggotanya akan dengan kesungguhan hati mampu mempercayai pemimpin tersebut untuk mengambil keputusan. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.

5.  Pemimpin yang Jujur

Kejujuran dalam diri seseorang tentunya menjadi point khas yang harus dimiliki oleh seorang manusia, terutama oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur menjanjikan keterbukaan dan keluwesan dalam memberikan segala informasi yang mencakup kepentingan kelompok. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari kelompoknya.

6. Pemimpin yang Rela Berkorban

Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi kelompok secara detail. Sifat rela berkorban ini pun tentunya harus didasari dengan kecerdasan dan kebijakan dari seorang pemimpin. Pemimpin ideal yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

7. Pemimpin yang Dicintai dan Mencintai Kelompoknya

Cinta hadir dalam diri seorang pemimpin yang ideal dan juga kelompok yang dipimpinnya. Segala bentuk tingkah laku yang hadir dari seorang pemimpin yang ideal akan selalu diiringi dengan unsur cinta yang akan meminimalisir bentuk kecurangan juga hal-hal buruk lainnya. Kelompok yang dipimpinnya pun akan mampu mencintai pemimpin tersebut tanpa adanya unsur paksaan yang berlebih. Pemimpin yang ideal jelas akan mampu menciptakan tindakan dengan cinta yang terkoordinir rapih untuk kemajuan.

Nah itu pasti sifat dan jiwa pemimpin yang diharapkan oleh segenap masyarakata indonesia. Untuk mengembalikan kejayaan Indonesia seperti yang disampaikan oleh Prabowo Sandi " Make Indonesia Great Again "  merupakan sebuah gagasan dan pemikiran Prabowo untuk mengsmbalikan kejayaan indonesia.


EmoticonEmoticon