Selasa, 18 Desember 2018

Kalian Harus Tau Dasar-Dasar Color Matching Buat Desain Print Kain.

Fokus - Kalian ingin mahir dalam color matching? Dan kalian ingin handal memadukan warna di print kain?  Kali ini ada ulasan tentang dasar dasar color matching ini cocok untuk kalian yang masih pemula jadi harus paham betul dasar - dasar color matching, biar nanti handal memadukan warna..

Color Matching adalah suatu teknik proses pencampuran warna (baik tinta ataupun cat) untuk menghasilkan suatu warna baru. Adapun dalam proses color matching tak hanya dibutuhkan pengetahuan teknik tetapi juga feeling yang kuat, karena proses color matching tidak sama dengan matematika yang mana 1 + 1 = 2.




Proses pencampuran warna dikenal dalam 2 macam cara yaitu pencampuran warna Additive dan warna Substractif. Pencampuran warna Additive adalah pencampuran warna primer cahaya yang terdiri dari warna RGB, Red, Green dan Blue, dimana pencampuran ketiga warna primer dengan jumlah yang sama akan menghasilkan warna putih. Kombinasi antara dua warna primer akan menghasilkan warna sekunder. Warna sekunder adalah Cyan (gabungan warna green dan blue), magenta (gabungan warna blue dan red) dan yellow (gabungan warna red dan green). Prinsip pencampuran warna Additive ini diterapkan pada monitor, TV, Video, Scanner dan lain-lain.

Warna Subtractive adalah warna sekunder dari warna Additive. Warna Subtractive ini dibentuk dengan pigment warna yang bersifat transparan. Tinta cetak adalah contoh dari pencampuran warna Subtractive. Warna Subtractive terdiri atas Cyan, Magenta dan Yellow, secara teori pencampuran ketiga warna Subtractive akan menghasilkan warna hitam, tetapi kenyataan pada prakteknya yang keluar adalah warna coklat tua karena keterbatasan pigment tinta cetak. Oleh karena itu ditambahkan warna hitam atau black yang dinyatakan dengan simbol K berasal dari kata Key untuk menambah kepekatannya. Saat ini warna CMYK menjadi standard dalam proses cetak warna di industri grafika.

Kembali ke pencocokan warna atau matching color, pada dewasa ini, sistem pencocokan warna yang paling populer dalam industri cetak adalah Pantone Matching System atau PMS. Panduan Pantone ini sangat diperlukan dalam industri printing, publishing, maupun packaging. Dan untuk memudahkan pengguna dalam mencampur warna, ada beberapa software tinta yang dibuat dengan menggunakan pedoman warna Pantone. Salah satu software tinta adalah UniMix.

Prinsip dasar proses color matching adalah kita harus memahami color wheel, color shade (arah warna), dan color strength (kekuatan warna).Color Wheel merupakan prinsip dasar proses color matching

Jadi dari color wheel diatas kita bisa tau dasar-dasar warna, jadi untuk membuat warna hijau (green) kita bisa mencampurkan warna yellow dan blue (cyan) tetapi tentu saja tidak akan benar-benar sama karena yang satu merupakan pigmen asli (green) yang kedua pigmen campuran (cyan-yellow) dan pigmen campuran sudah pasti lebih kotor warnanya. Atau kita bisa mendapatkan warna red-orange (warm red) dari pencampuran antara red dan orange atau red dan yellow dengan masing masing komposisi pencampuran berbeda. Pada Prinsipnya semakin jauh jarak antara dua warna dari color wheel kita campurkan maka warna campuran semwarna kotor. Pada contoh diatas warna red-orange (warm red) hasil campuran red dengan orange tentu lebih bersih daripada red dengan yellow.

Kita ambil kesimpulannya, yang paling bersih adalah jika warna tersebut memiliki pigmennya sendiri, lalu semakin jauh jarak dari color wheel kita campurkan semakin kotor warna yang didapat. Adapun color guide lebih lengkap bisa kita dapatkan dari pantone color guide dimana kita ada bisa mendapatkan varian warna yang lebih banyak dengan mencampurkan basic spot color. Satu lagi tips nya belajar color matching tidak semudah teorinya tetapi butuh jam terbang yang cukup lama untuk mempelajarinya.  

Nah itu tadi sedikit dasar - dasar color matching gimana ribet, susah, apa gampang? Semoga kalian bisa lebih handal dalam mencocokkan warna. Setelah belajar dasar dasar color macthing anda bisa kreasikan ide kalian dengan design sendiri kalau anda ingin memesan kain di jasa print kain.


EmoticonEmoticon