Minggu, 30 Desember 2018

Mengetahui Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 6 Bulan


Fokus - Enam bulan merupakan salah satu tahapan yang paling penting anda ketahui pada seorang bayi. Tak hanya melihat perubahan seperti apa bayi ini berinteraksi dengan anda. Banyak para dokter yang menyarankan di usia bayi yang ke 6 bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk memulai makanan padat. Dengan perubahan yang besar ini, tahap tumbuh kembang bayi 6 bulan ini merupakan waktu yang sangat penting untuk untuk mempererat hubungan dengan sang anak. Di dalam perkembangan bayi usia 6 bulan ini, seorang bayi sudah bisa lebih sadar mengenai  lingkungan sekitarnya. Selain itu bayi juga bisa lebih merespon reaksi anda semua ketika berkomunikasi dengannya.



Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 6 Bulan

1. Perkembangan fisik

Mengamati seorang bayi yang sudah memulai petualangannya melihat dunia memang sangat menyenangkan. Perkembangan bayi yang mulai terlihat yaitu dimulai dengan bergulingnya bayi dari posisi telentang sampai pada posisi tengkurap dan balik lagi pada posisi telentang. Jadi pada saat ini sebaiknya anda lebih memperhatikan bayi ketika berada di tempat yang sedikit tinggi. Jadi, pada waktu mengganti popok sebaiknya anda semua melakukannya di atas matras pada lantai untuk mencegah bayi tergelinding dan jatuh. Ada bayi yang cepat belajar berguling. Sedangkan ada yang terjebak dalam posisi tengkurap serta merasa kesal sebab dia gagal berguling lagi pada posisi telentang.

Melatih bayi berusia 6 bulan untuk tengkurap memang dinilai sangat penting. Sebab tujuannya untuk membuat lengan serta bagian kaki bayi anda bisa menjadi lebih kuat. Dan ketika bayi anda sedang tengkurap sedang berguling, tunjukkan rasa senang anda saat melihatnya berusaha. Reaksi gembira anda semua itu ternyata juga bisa memotivasi bayi untuk bisa terus bergerak. Saat itu, anda bisa memberikan mainan pada waktu bayi sedang dalam posisi tengkurang akan menjadikannya menjadi terbiasa dengan gerakan yang baru.

2. Perkembangan kognitif

Dalam tahap tumbuh kembang bayi 6 bulan, seorang bayi bisa mulai mengamati pola yang ada di sebuah lagu dan juga bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi berikutnya.

Menyentuh

Indra sentuhan bayi usia 6 bulan ini akan mulai meningkat. Bayi juga bisa lebih senang menyentuh tekstur yang berbeda. Misalnya saja seperti benda yang lembut, berbulu, kasar, serta gatal. Pakailah benda sensori dengan permukaan yang berbeda untuk bisa lebih merangsang kemampuan sensorinya. Tak hanya itu saja, anda juga bisa mempunyai kesempatan untuk bisa semakin dekat dengannya.

Melihat

Indra penglihatan di usia tersebut juga bisa lebih membaik. Bayi diusia saat ini akan sangat tertarik dengan benda yang terlihat mengkilap, berwarna-warni yang selanjutnya akan mulai mencoba meraihnya.

3. Perkembangan Sosial dan Emosional

Bayi dalam usia 6 bulan ini bisa lebih bersemangat dalam berinteraksi dengan orang-orang yang akrab di sekitarnya, khususnya ayah dan ibu. Seorang anak juga sudah merasa takut jika didekati oleh orang yang dirasa asing. Bayi juga sudah mulai belajar menarik perhatian anda. Anda bisa memperhatikan banyak hal seperti halnya gerakan, celotehan, serta bersikap konyol hanya untuk memperoleh reaksi dari anda semua.

Di usia ini anda bisa mengajarkannya bermain. Permainan yang menyenangkan seperti halnya menirukan suara yang pada awalnya dibuat oleh bayi. Selain itu di usia tersebut anda bisa mencoba mengenalkan suara binatang supaya ditirukannya. Dalam usia ini anda semua bisa membantu perkembangan bahasanya dengan cara menampilkan gambar serta mengajarkan tentang ucapannya.


EmoticonEmoticon