Kamis, 13 Desember 2018

Penyebab Aki Honda Brio Bisa Tekor


Fokus - Banyak orang terkadang bingung saat melihat aki honda brio milik mereka tekor dan bermasalah. Sehingga, mereka harus turun dari mobil dan kemudian mendorong mobil tersebut supaya bisa berjalan kembali. Tentu saja hal ini sangat merepotkan sekali! Maka dari itulah, supaya tidak bermasalah, sebaiknya rawat aki Anda dengan baik agar selalu awet. Tapi bagaiamankah cara merawatnya dengan benar? 


Tentu saja merawatnya itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun yang pasti, agar bisa terhindar dari masalah tekor, sebaiknya pahami dulu beberapa penyebab yang membuat aki mobil bisa rusak dan tekor. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari kenapa aki mobil bisa bermasalah dan tekor, antara lain:

Terjadi Korsleting Arus Listrik

Korsleting adalah sebuah hubungan singkat dari arus listrik. Korsleting ini terjadi ketika arus listrik yang berasal dari kutub positif baterai terhubung secara langsung dengan bagian arus listrik negatif baterai dengan jumlah hambatan yang sangat kecil. Sehingga, ketika terjadi korsleting listrik, hal ini membuat aliran arus listrik menjadi lebih cepat karena tidak ada hambatan. Bila dicontohkan seperti air yang ada di dalam kolam, bila airnya disedot memakai selang yang berukuran besar sebesar 10 cm, tentu saja hal ini membuat airnya menjadi cepat sekali habis.

Namun, bila selangnya tersebut hanya berukuran diameter sebesar 1 cm, tentu saja alirannya menjadi semakin lebih lama. Di bagian kelistrikannya sendiri, bila beban di antara kutup positif dan juga kutub negatifnya begitu kecil, hal ini bisa membuat arusanya menjadi semakin lebih deras. Akibatnya, kapasitas akinya menjadi langsung drop.

Korsleting ini umumnya kerap sekali terjadi ketika ada salah satu rangkaian dari arus listrik menyentuh body atau masa motor secara langsung. Akibatnya, baterai aki menjadi drop dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Maka dari itulah, agar tidak teradi korsleting, sebaiknya rawat kondisi fuse atau sekeringnya dengan baik secara rutin. Pastikan agar setiap rangkaiannya tersebut mempunyai sekering untuk pengaman.

Pemakaian Listrik berlebihan

Untuk mereka yang gemar melakukan modifikasi mobil, sudah pasti mereka tidak asing dengan pemakaian lampu HID atau lampu angle eyes. Beberapa lampu ini memang bisa memberikan sinar yang sangat terang. Namun, lampu ini umumnya membutuhkan daya yang sangat besar. jadi, meskipun awalnya tegangan untuk inputnya sebesar 12 volt, namun tegangan itu nanti bisa ditingkatkan oleh ballast dan menyerap ke dalam energi listri sampai dengan puluhan kilo Watt.
Karena alasan inilah membuat aki Honda Brio menjadi cepat sekali habis. Tentu saja bila hal ini terus terjadi, bukannya tidak mungkin bila elemen aki menjadi rusak dan bermasalah. Bahkan, tidak hanya sekedar lampu HID saja yang menjadi penyebabnya. Namun, beberapa aksesoris lain yang berlebihan itu sangat tidak baik untuk aki mobil Anda. kecual bila Anda mengganti baterainya tersebut dengan kapasitas yang berukuran lebih besar. sehingga, aki tersebut dapat menahanya dengan baik.

Tidak Digunakan dalam Jangka yang Lama

Ketika mobil lama tidak dipakai, dan konektor baterainya tidak dilepas, hal ini bisa berdampak buruk pada aki mobil tersebut. Karena, ketika mobil tidak dipakai, aliran listriknya masih ada meskipun kunci kontak sedang off. Penyebabnya adalah karena ada kabel dan konektor yang masih terhubung. Sekalipun tidak memiliki hubungan ke bagian massa, namun masih tetap ada aliran arus listrik pada satuan mili volt. Jadi, meskipun sangat kecil, namun bila dilakukan dalam waktu yang lama hal ini bisa membuat kehilangan arusnya bertambah besar dan membuat aki menjadi soak.

Charging System sedang Bermasalah

Ketika terjadi kerusakan dibagian regulator yang menjadi rangkaian kelistrikan tegangan aki, hal ini bisa membuat proses pengisian baterainya menjadi berkurang. Dengan begitu, listrik yang berasal dari regulator ini menjadi tidak kuat untuk membawa beban kelistrikan pada mesin mobil. Akibatnya, baterai harus mengisi kekurangan dari arus listrik. Otomatis bila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, hal ini bisa membuat tegangan baterainya menjadi cepat habis. Karena memang tidak ada suplai arus, dan bisa menyebabkan terjadinya aki mobil yang tekor.

Selain bagian regulatornya, spul yang menjadi komponen lainnya ini bisa berpengaruh terhadap sistem pengisian arus listri. Bila bagian ini meregulasi tegangan yang telah dihsilkan, hal ini bisa membuat spul fungsinya bisa menghasilkan teganan listrik dari bagian input putaran mesin. Agar dapat mengecek apakah bagian spulnya rusak, Anda harus memakai test lamp atau menggunakan multimeter.

Kemudian, langsung saja cabut soket kiprooknya, dan sambungkan test lamp ke dalam kabel spul dan ujung test lamp yang lain ke bagian body motor. Selanjutnya, nyalakan mobil Anda., bila lampunya menyala, maka itu artinya spulnya aman. Nah, jadi itu tadi adalah beberapa alasan yang membuat aki Honda Brio menjadi bermasalah dan rusak.





EmoticonEmoticon