Selasa, 15 Januari 2019

5 Cara Menambah Berat badan Bayi Dalam Kandungan



Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan


Seorang ibu hamil tentunya akan merasa khawatir bila janin yang dikandungnya memiliki berat badan yang kurang ideal. Kurangnya berat badan pada janin tentunya memerlukan perhatikan khusus terutama dari segi asupan gizi dan nutrisi. Anda sedang mencari bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan? Yuk simak beberapa tips berikut.

1. Penuhi Asupan Gizi

Hal yang satu ini merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan semua asupan gizi yang masuk ke dalam tumbuh Anda mencukupi untuk kebutuhan ibu dan janin. Selama masa kehamilan perbanyaklah konsumsi karbohidrat seperti nasi dan roti, protein seperti daging dan telur rebus agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi. 

Selian itu, jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar kebutuhan vitamin yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin juga tetap terpenuhi. Tak hanya itu saja, sebagai asupan gizi pendamping, wanita hamil juga disarankan untuk meminum susu khusus ibu hamil minimal 2 kali sehari. 

2. Perbanyak Minum dan Olahraga

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan selanjutnya adalah dengan perbanyak mengonsumsi air putih dan rutin berolahraga. Selian itu, pastikan Anda menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan soda pasalnya hal ini dapat membahayakan kondisi janin yang ada di dalam kandungan. 

Perbanyaklah meminum air putih agar asupan cairan tubuh ibu hamil tetap terpenuhi dengan baik. Hal ini bertujuan agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, Anda juga bisa meminum susu UHT full cream yang bermanfaat untuk menambah berat bada janin. Pastikan Anda juga rutin berolahraga ringan yang tidak membebani. 

3. Perbaiki Pola dan Gaya Hidup

Selian pemenuhan gizi yang baik, hal yang satu ini juga sangat berpengaruh terhadap kondisi ibu dan janin lo. Untuk itu pastikan Anda menjalani pola hidup sehat. Jauhkan diri Anda dari stres dan tekanan. Sebab seorang ibu hamil yang mengalami stres juga tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. 

Ibu hamil yang sering mengalami stres dan tekanan dapat memicu perkembangan bayi menjadi tidak sesuai dengan usia kandungannya. Bahkan setelah lahir, bayi tersebut juga memiliki risiko gejala alergi bahkan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Selian itu secara tidak langsung stres juga berpengaruh terhadap berat badan janin. 

4. istirahat yang Cukup

Tahukan Anda bahwa kondisi ibu hal yang terlalu lelah juga dapat mempengaruhi berat badan janin menjadi kurang ideal? Pasalnya ketika Anda capek dan lelah setelah beraktivitas, secara tidak langsung tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi dan kalori. Hal ini tentunya membuat gizi yang harusnya untuk janin menjadi justru untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Nah di atas merupakan beberapa cara menambah berat badan bayi dalam kandungan sekaligus menjaga kondisi janin agar tetap sehat. Selama Anda memperhatikan tips di atas maka tak perlu merasa khawatir lagi. Selian itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips lainnya seputar ibu dan anak dengan mengunjungi orami.co.id.  


EmoticonEmoticon