Jumat, 21 Juni 2019

Pentingnya Mengenal Alergi Anak Sejak Dini

Fokus - Setiap orang di dunia ini pasti memiliki keadaan tubuh dan daya kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Begitu pula dengan seorang anak kecil. Secara umum kekebalan tubuh anak kecil sudah pasti lebih sensitif dibandingkan dengan kekebalan tubuh orang dewasa. Salah satu contohnya adalah mengenai alergi anak yang lebih sering terjadi pada usia balita. 

Alergi sendiri merupakan suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa mentolerir sesuatu yang bersentuhan langsung pada bagian tubuh tersebut. Hal ini bisa dikarenakan kandungan dari sesuatu tersebut yang tidak ada kecocokan dengan bagian tubuh tertentu sehingga timbullah efek atau gejala yang mengganggu kesehatan si anak. Ada banyak sekali kasus alergi anak yang kini bermunculan. Apalagi melihat kondisi makanan dan minuman yang saat ini banyak di jual di berbagai tempat. Alergi pada anak bisa saja disebabkan oleh penyajian atau pembuatan dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya tersebut. 


Sebagai orang tua yang bijak, sudah seharusnya anda lebih memperhatikan kesehatan tubuh anak dengan mengenali tubuh anak anda sendiri apakah memiliki gejala alergi atau tidak. Mengenali keadaan tubuh dan kekebalan tubuh anak menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Dengan begitu kesehatan anak akan bisa lebih terjaga dengan baik.

Mengapa mengenali alergi pada anak menjadi hal yang sangat penting? Beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa membuat anda lebih mawas diri dan bisa memberikan lebih banyak perhatian pada kondisi kesehatan anak anda. Diantara alasan pentingnya pegenalan keadaan tubuh anak adalah :

1.  Menghindari resiko berbahaya yang berkaitan dengan nyawa anak. Jangan pernah meremehkan yang namanya alergi pada anak. Anak kecil umumnya daya kekebalan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Sehingga saat terserang alergi, efek yang ditimbulkan bisa jauh lebih parah dibandingkan efek yang dirasakan orang dewasa. 

2.  Mengatur jenis konsumsi anak. Dengan mengetahui dan mengenali alergi pada anak lebih awal maka anda bisa dengan mudah mengatur pola makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi dan yang seharusnya dihindari oleh anak. Sehingga hal ini bisa menjadi langkah awal dalam menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.  

Biasanya cara yang bisa anda lakukan untuk lebih mengenali alergi pada tubuh anak anda adalah dengan berkonsultasi pada dokter anak yang terpercaya. Dokter anak akan melakukan beberapa tes kesehatan yang berguna untuk mengetahui apakah ada gangguan pada tubuh anak anda tersebut ataukah tidak. Diantara tes yang mungkin akan dilakukan adalah tes darah dan tes pada kulit anak. Dengan Melakukan kedua tes ini maka akan diketahui bagaimana keadaan tubuh anak anda. Sehingga anda pun bisa lebih berhati-hati dalam memberikan asupan makanan dan minuman pada anak anda di usia yang masih rentan alergi tersebut. 

Jika anda merasa keberatan untuk pergi berkonsultasi dengan dokter maka ada solusi yang lebih mudah yang bisa anda lakukan yakni dengan secara rutin memberikan ASI pada anak anda. Hal ini mengingat ASI menjadi nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kekebalan tubuh si anak. Secara umum anak yang kekurangan asupa ASI akan sangat mudah atau rentan terserang sakit dan alergi. Baik itu alergi ringan maupun alergi berat.  Oleh karenanya jangan pernah melalaikan asupan ASI yang harus anda berikan pada anak-anak anda.


EmoticonEmoticon